Nasi Kolhu Bu Nima Makanan Khas Situbondo cuman 4000

 Sudah pernah dengar belum tentang nasi Kolhu Bu Nima? Atau sudah mencobanya dan jadi pelanggan?

Kalau Anda ke Situbondo, jangan hanya jalan-jalan saja. Nikmati juga aneka kuliner di sana, sebab tak kalah lezat dengan kota-kota lain di Indonesia. Dari sekian kuliner, nasi Kolhu adalah yang paling populer.


Mengapa begitu terkenal? Sebab nasi Kolhu sendiri harganya sangat murah. Namun, walaupun murah cita rasa yang ditawarkan begitu otentik. Bahkan Anda hampir tidak akan menemukan nasi serupa di tempat lain.

Nasi Kolhu Bu Nima menjadi ikon Situbondo. Setiap hari selalu ramai pengunjung dari dalam maupun luar kota. Sudah mulai tertarik untuk mencobanya? Sebelumnya baca dulu reviewnya di bawah ini:

Kuliner Nasi Kolhu

Bagi yang belum tahu, mungkin bingung sebenarnya apa sih kuliner nasi kolhu itu? Faktanya, kolhu sendiri adalah sebuah singkatan. Kolhu merupakan kepanjangan dari sekol dan tahu. Sementara sekol sendiri yaitu parutan kelapa khusus yang dicampur dengan nasi putih.

Di Situbondo, nasi Kolhu disantap dengan sambal. Selain tahu, orang-orang juga banyak yang makan nasi kolhu dengan ote-ote. Camilan gorengan campuran tepung dan sayuran-sayuran. Anda mungkin lebih familiar menyebutnya sebagai bakwan atau bala-bala.

Makan nasi Kolhu Bu Nima ini sangat cocok sebagai menu makan saat lapar mulai mendera. Porsinya cukup banyak walaupun tak banyak lauk pelengkap. Apalagi, nasi Kolhu sangat khas hanya ada di daerah tersebut.

Lokasi

Sudah tahu sekarang apa nasi Kolhu yang katanya khas Situbondo itu? Sekarang sebagian besar dari Anda bisa saja sudah cukup penasaran dengan lokasi warungnya. Nasi kolhu Situbondo yang paling terkenal adalah di warung Bu Nima.

Lokasinya sendiri ada di Desa Balung, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur. Warung makan bu Nima lumayan sederhana. Anda hanya akan melihat sebuah rumah penduduk yang disulap menjadi warung makan yang nyaman.

Walaupun sederhana, warung nasi Kolhu Bu Nima sangat terkenal. Anda pasti bisa menemukannya dengan mudah karena penduduk Situbondo sebagian besar sudah mengetahuinya. Anda tinggal tanya saja dengan masyarakat sekitar untuk lokasi warunya.

Rasa

Soal rasa, nasi Kolhu sebetulnya didominasi oleh rasa gurih. Bagaimana tidak begitu jika nasinya dicampur dengan parutan kelapa yang masih dibumbui dulu dengan rempah tertentu. Bukan hanya rasanya, aroma nasinya juga sangat gurih.

Sekol yaitu parutan kelapa berbumbu yang menjadi topping nasi Kolhu juga dikukus. Sehingga aroma gurihnya begitu terasa. Belum lagi rasa dari ote-ote dan tahu goreng yang pastinya cenderung gurih. Bagi Anda penggemar masakan gurih, nasi Kolhu Situbondo ini adalah alternatif terbaik.

Penyajian yang Sederhana

Jika Anda mencoba nasi Kolhu Bu Nima pertama kali, mungkin tidak percaya dengan kelezatannya. Sebab, penyajian nasi Kolhu sangat sederhana. Anda hanya akan melihat nasi putih biasanya.

Lalu diberikan taburan atau topping parutan kelapa yang disebut skol. Tidak lupa sebagai lauk ada tahu goreng dan ote-ote. Tidak akan ada yang percaya makanan ini sangat enak apalagi disajikan di atas wadah daun pisang.


Penjual Merupakan Generasi Kedua

Bu Nima sendiri adalah pengelola warung nasi kolhu generasi kedua. Dirinya mengklaim masih menggunakan resep asli hasil racikan neneknya. Tidak menambah atau mengurangi untuk menjaga rasa aslinya.

Pada intinya, jika ke Situbondo jangan sampai lupa untuk membeli kuliner nasi Kolhu Bu Nima. Rasanya sangat otentik dan khas, cocok bagi Anda yang suka makanan gurih. Lagipula harganya sangat murah, per porsi hanya Rp 4 ribu saja. 

Comments

Popular Posts